Saturday, November 14, 2009

CI - Belajar Angka Roman

Dah lama sebenarnya mummy nak cari info pasal ni
camner nk tulis guna angka roman bg nomot yg besar2
sbb mmg tak diajar secara formal pun
dr tadika sampai la ke degree
so, hari ni baru la berkesempatan
nak tanya pakcik google tu
pas dah dpt info, dok gelak sorang2 la mummy
upanya selama ni mummy dok guna simbol yg salah
kat numbering entry ni.
suka ati sendiri jer belasah letak
patut la rasa cam pelik jer..
takkan smpai panjang berjela sgt number dia
sampai la ke hari ni baru tau yg sebetoinya.. hehe
50 = xxxxx yg sebetoinya L jer
100 = xxxxxxxxxx yg betoinya C
see!!! very short n simple
tp i make it very long.. hihihi
tapi takpa
i can learn from my mistake
so here i paste the info
so that my kids
will never repeat my mistake for their future
tak la jadi cam mummy
lagi 6 hari nak umur 30
baru tau camner nak tulis angka roman
sampai ratus2 n riban2 ni..

nih info yg mummy dapat :
Eh, di televisi ada kartun Tom & Jerry lawas,
judulnya "Hatch Up Your Trobles", sekedar bernostalgia Admin lalu nonton kartun itu.
Di awal kartun ada ditampilkan rumah produksinya Metro-Goldwyn-Mayer
beserta tahun produksinya dalam bilangan Romawi yaitu MCMXLIX.
Admin jelas kuliah di Prodi Matematika, tapi...MCMXLIX ?
Bagaimana cara membacanya ?
Pokoknya ini pasti tahun produksi tapi tahun berapa ya ?
Karena membaca bilangan Romawi nggak pernah diajarkan di perkuliahan,
Admin mencari-cari bahan di Internet dan menemukan cara membacanya.
Mau tahu gimana membacanya ?

Cara mudah menyatakan angka adalah dengan coretan.
Satu coretan yaitu I, 1.
Dua coretan yaitu II, berarti 2. Tiga coretan yaitu III, berarti 3.
Untuk angka 4, empat coretan kayaknya terlalu banyak deh,
jadinya 4 tidak ditulis IIII!
Coretan semacam ini tidak hanya digunakan bangsa Romawi
tapi juga bangsa Asia khususnya Jepang dan Cina.

Rupanya bangsa Romawi sangat favorit dengan angka 5.
Buktinya mereka memiliki simbol tersendiri untuk merepresentasikan angka 5, yaitu V.
Menempatkan satu coretan, I, sebelum simbol V (prakteknya: IV)
berarti pengurangan angka 5 dengan 1, jadi IV adalah 4!
Tapi jangan salah, bangsa Romawi hanya menyukai
satu coretan sebelum simbol V jadinya tidak ada IIV, dan IIIV!
Tapi...bangsa Romawi senang bila coretan-coretan itu berada setelah simbol V,
artinya menambahkan angka 5 dengan jumlah coretan.
Seperti VI = 6, VII = 7, dan VIII = 8.

Tidak berbeda dengan angka 5. Untuk angka 10, simbol X
digunakan untuk merepresentasikannya. Aturan coretan berlaku untuk X
sama dengan aturan yang berlaku bagi V. IX berarti 9 dan tidak ada IIX, atau IIIX!
Selanjutnya, XI = 11, XII = 12, XIII = 13. XIIII = 14?
Salah! Karena 4 = IV maka XIV = 14.
Khusus untuk angka 10, simbol X dapat berlaku sebagai coretan layaknya I, II, dan III.
Artinya? X = 10, XX = 20, dan XXX = 30. XXXX = 40 ?
Jangan lupa kalau bangsa Romawi sangat benci 4 coretan!
Contoh lainnya XXI = 21, XXVII = 27, XXXIX = 39.

L artinya 50. Dari sekian banyak penjelasan diatas pastinya
sudah bisa menebak kan 40 disimbolkan dengan apa?
Kalau jawabannya XL maka anda benar! Aturan yang sama pada V berlaku juga pada L.
LX = 60, LXXIX = 79, XLVI = 46.

C artinya 100, diambil dari kata Centum.
Aturan untuk C sama dengan aturan untuk X.
CIX = 109, CCXLIV = 244, XCVIII = 98, CCCXXXIII = 333.

D artinya 500. Aturan untuk D sama dengan aturan untuk V dan L.
CDXLIV = 444, DLV = 555 DCCXLIX = 749.

M artinya 1000, diambil dari kata Milia.
Aturan untuk M sama dengan aturan untuk X dan C.
MIX = 1009, CMXC = 990, MMVI = 2006.

Lalu bagaimana dengan tahun produksi kartun Tom & Jerry tadi yaitu MCMXLIX ?
Cara membacanya ada banyak versi seperti kebiasaan kita
yang memulai membaca angka dari satuan terbesar ke satuan terkecil.
Untuk ini kita akan baca dari kiri ke kanan. M = 1000, CM = 900, XL = 40, dan IX = 9.
Sehingga 1000+900+40+9 = 1949.
Jadi kartun Tom & Jerry dengan judul "Hatch Up Your Trobles" diproduksi pada tahun 1949.
Meskipun usia kartun itu lebih tua dari usia Admin
tapi masih mampu membuat Admin tertawa terbahak-bahak dan memotivasi kita
untuk mempelajari cara menulis serta membaca bilangan Romawi.

"sharing is caring"

No comments: